Mengenal Sejarah Singkat Kerajaan Medang Kamulan

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Sejarah Singkat Kerajaan Medang Kamulan
disimak baik-baik ya…

 

“Medang” adalah nama lain Mataram dan “Kamulan” berarti ‘pada awalnya’. Kerajaan yang pernah disebutkan dalam berita dari India dan Tiongkok ini tetap mempertahankan corak Hindu-Buddha.

Kerajaan ini terletak di daerah Jawa Timur, tepatnya di kawasan muara Sungai Brantas. Pendiri Kerajaan Medang Kamulan adalah Mpu Sindok dan sekaligus raja pertama Kerajaan Medang Kamulan. Mpu Sindok sendiri diperkirakan memerintah kerajaan selama dua puluh tahun yakni sejak 929 M-949 M. Mpu Sindok adalah keturunan raja-raja dari Dinasti Sanjaya yang berkuasa di Mataram Lama.

BACA:  Proses Terjadinya Pelangi dan Jenis-Jenisnya

Kerajaan ini juga sering disebut sebagai Kerajaan Mataram Kuno Jawa Timur. Perpindahan ini terjadi karena adanya bencana alam letusan Gunung Merapi yang menghancurkan pusat kerajaan di Jawa Tengah. Letak Kerajaan Medang Kamulan berada di sekitar muara Sungai Brantas dengan ibukota di Wutan Mas. Wilayah Kerajaan Medang Kamulan meliputi wilayah Nganjuk di sebelah barat, Pasuruan di sebelah timur, Surabaya di sebelah utara, dan Malang di sebelah selatan.

Setelah Mpu Sindok wafat, Kerajaan Medang Kamulan dipimpin oleh Raja Dharmawangsa. Selama pemerintahannya, Kerajaan Medang Kamulan menjalin persahabatan dengan berbagai kerajaan baik di nusantara maupun lingkup internasional. Di tingkat internasional, Dharmawangsa menjalin hubungan baik dengan Dinasti Sung yang berkuasa di China. Sedangkan di Nusantara, ia menjalin persahabatan dengan kerajaan Bali. Dia kemudian menikahkan putrinya dengan putra Udayana yang bernama Airlangga.

BACA:  Mengenal Nama-Nama Virus dan Penyakit yang Ditimbulkan Pada Manusia

Kerajaan Medang Kamulan berakhir saat pesta pernikahan Putri Dharmawangsa dan Airlangga, saat pesta pernikahan berlangsung, Kerajaan Medang Kamulan tiba-tiba diserang oleh Kerajaan Sriwijaya yang bersekutu dengan Kerajaan Wurawari. Serangan mendadak tersebut mengakibatkan raja beserta keluarganya meninggal.

 

Dalam penyerangan itu, Airlangga bersama pengikut setianya yang bernama Narottama. Pada 1031, Airlangga berusaha memulihkan kejayaan Dinasti Isyana dengan menobatkan dirinya sebagai raja. Gelar yang disandangnya adalah Rakai Halu Sri Lakeswara Dharmawangsa Airlangga Teguh Ananta Wikramatunggadewa.

Airlangga kemudian memindahkan pusat Kerajaan Medang Kamulan di wilayah Kahuripan. Secara bertahap, Airlangga mengambalikan wilayah Dinasti Isyana dengan cara menaklukkan kerajaan kecil di sekitarnya.

Peninggalan Kerajaan Medang Kamulan yaitu:
1. Prasasti Mpu Sindok
Lokasi penemuan prasasti ini adalah Jombang, Jawa Timur. Prasasti ini berisi tentang pemerintahan Mpu Sindok bersama dengan Sri Wardhani Pu Kbi.
2. Prasasti Calcuta
Prasasti yang dibuat pada masa pemerintahan Raja Airlangga ini berisi tentang silsilah raja-raja keturunan Mpu Sindok.
3. Prasasti Anjuk Ladang
Prasasti ini berisi tentang awal dari Kerajaan Medang Kamulan.

BACA:  Kenali Pengertian Novel Meliputi Unsur Intrinsik, Ciri dan Jenisnya

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Sejarah Singkat Kerajaan Medang Kamulan
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET