Proses Pencernaan Makanan dan Penyerapan Nutrisi

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Proses Pencernaan Makanan dan Penyerapan Nutrisi
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Proses Pencernaan
Proses pencernaan pada makhluk hidup adalah suatu proses metabolisme yang dimana makhluk hidup memproses suatu zat yang masuk ke dalam tubuh mereka, dengan mengubahnya secara kimiawi dari suatu zat menjadi sebuah nutrisi yang diperlukan untuk tubuh.

Proses Penyerapan Nutrisi
Proses Penyerapan Nutrisi pada tubuh manusia dapat dibagi menjadi lima tahap, yakni:
1. Injesti
Proses injeksi pada manusia dilakukan pada mulut. Mulut memakan atau mencerna makanan, yang awalnya dikunyah di dalam mulut dengan bantuan kelenjar air liur yang akan memproduksi air liur guna menghaluskan makanan sebelum ditelan. Air liur mengandung enzim amilase yang berfungsi untuk mengolah karbohidrat menjadi glukosa dan energi.

BACA:  Buku IPA Kelas 9 SMP Hal. 54 Tabel 2.1: Cara Perkembangbiakan Vegetatif Tumbuhan

Setelah di haluskan di dalam mulut, kemudian lidah akan mendorong makanan ke belakang mulut menuju esofagus atau kerongkongan dan dibawa menuju lambung.

2. Pencernaan Pada Lambung
Lambung merupakan organ tubuh manusia yang berfungsi sebagai penghancur dan penghalus makanan yang ditelan. Pada lambung seluruh makanan atau minuman akan bercampur dengan enzim pencernaan dan asam lambung sehingga makanan yang ditelan menjadi tekstur cair atau menjadi bentuk pasta lembut.

Manfaat lain dari asam lambung adalah membunuh kuman dan virus yang ada pada makanan ataupun minuman yang dapat mengakibatkan penyakit dan infeksi pada tubuh manusia. Selanjutnya otot lambung akan mendorong makanan untuk dapat bergerak menuju ke usus halus.

 
BACA:  Penyebab Pembengkakan Pada Pangkal Paha Jika Jari Terluka Mengalami Infeksi

3. Pemisahan Nutrisi pada Usus Halus
Selanjutnya usus halus akan menghasilkan enzim yang berasal dari pankreas dan empedu hati untuk melanjutkan proses pencernaan. Enzim yang dihasilkan tersebut akan memisahkan protein, lemak dan karbohidrat dari makanan. Usus kecil juga memiliki bakteri baik yang akan memproduksi enzim sehingga karbohidrt dapat dicerna oleh tubuh.

4. Penyerapan Nutrisi pada Usus Kecil
Setelah nutrisi dipisah pada usus halus selanjutnya nutrisi tersebut akan diserap pada usus kecil, dimana dinding usus kecil akan menyerap air dan nutrisi dari makanan dan minuman menuju ke aliran darah. Sedangkan sisa-sisa makanan yang tidak dicerna atau diserap dalam usus kecil maka akan dibawah ke usus besar.

BACA:  Peranan Kingdom Plantae yang Menguntungkan dan Merugikan Manusia

5. Pemadatan Sisa-sisa Makanan pada Usus Besar
Usus besar berfungsi untuk menyerap air dan makanan yang tesisa yang berasal dari usus kecil. Makanan dan minuman yang pada usus besar selanjutnya akan dipadatkan dan mebentuk kotoran berupa tinja. Tinja akan disimpan pada rektum yang akan didorog dan dikeluarka bersama racun, limbah, dan cairan berlebih yang ada di dalam tubuh melalui anus pada saat BAB atau buang air besar.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Proses Pencernaan Makanan dan Penyerapan Nutrisi
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET