Pengertian Pembelahan Mitosis Meliputi Ciri-Ciri dan Tujuannya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian Pembelahan Mitosis Meliputi Ciri-Ciri dan Tujuannya
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Pembelahan Mitosis
Mitosis adalah peristiwa pembelahan sel yang menghasilkan dua sel anak dengan jumlah kromosom yang sama seperti sel induknya. Istilah mitosis dalam arti sempit menyangkut pembelahan nukleus menjadi 2 anak nukleus dan istilah sitokinesis dipakai untuk pembelahan sitoplasma yang menghasilkan sel anak yang masing-masing mengandung sebuah nukleus anak.

Mitosis adalah suatu pembelahan sel melalui tahap-tahap profase, metafase, anafase, dan telofase. Tujuan mitosis adalah untuk pertumbuhan dan regenerasi yang menghasilkan dua sel anak yang identik dengan sel induk semula.

BACA:  Latar Belakang Peralihan Kehidupan Manusia Dari Masa Berburu dan Mengumpulkan Makanan Menuju Masa Bercocok Tanam

Mitosis terjadi hanya pada sel eukariot. Pada organisme multisel, sel somatik mengalami mitosis, sedangkan sel kelamin (yang akan menjadi sperma pada jantan atau sel telur pada betina) membelah diri melalui proses yang berbeda yang disebut meiosis. Sel prokariot yang tidak memiliki nukleus menjalani pembelahan yang disebut pembelahan biner.

Ciri-Ciri Pembelahan Mitosis

Beberapa ciri-ciri pembelahan Mitosis adalah sebagai berikut:
1. Pembelahan mitosis terjadi sekali
2. Jumlah sel anak yang dihasilkan dari pembelahan mitosis adalah dua
3. Jumlah kromosom seorang anak sama dengan jumlah kromosom pada orangtua, yaitu 2n (diploid)
4. Sifat sel anak sama dengan sel induk
5. Terjadi pada sel-sel tubuh (sel somatik), misalnya pada jaringan embrional, termasuk ujung akar, ujung batang, lingkaran kambium
6. Tujuan dari pembelahan mitosis adalah untuk memperbanyak sel seperti pertumbuhan atau untuk memperbaiki sel yang rusak
7. Melewati tahap pembelahan, interfase, profase, metafase, anafase, dan telofase, tetapi secara umum tahap ini akan kembali ke tahap semula untuk membentuk siklus sel.

Tujuan Pembelahan Mitosis

Beberapa tujuan pembelahan Mitosis adalah sebagai berikut:

BACA:  Mengetahui Perbedaan Autosom dan Gonosom

1. Pertumbuhan Semua makhluk hidup pasti akan mengalami pertumbuhan yang disebabkan karena ada banyaknya sel-sel yang menyatu.

2. Perbaikan Bukan hanya bertujuan untuk tumbuh saja, tetapi pembelahan mitosis bertujuan untuk perbaikan. Perbaikan akan terjadi apabila jaringan yang ada di dalam makhluk hidup sedang mengalami kerusakan pada jaringannya.

 

3. Reproduksi Setiap makhluk hidup pasti akan berkembang biak atau bisa dibilang akan bereproduksi. Proses reproduksi yang terjadi pada makhluk hidup pasti membutuhkan sel kelamin yang saling bertemu. Dari pertemuan sel itulah, pembelahan sel akan terjadi.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian Pembelahan Mitosis Meliputi Ciri-Ciri dan Tujuannya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET