Fungsi Termometer Gas Volume Tetap

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:

 

Fungsi Termometer Gas Volume Tetap

disimak baik-baik ya…

Pengertian

Termometer adalah alat yang digunakan untuk mengukur suhu baik itu menyatakan derajat dingin maupun panas dari suatu materi atau benda. Termometer yang hampir sempurna adalah termometer gas volume konstan atau tetap.

Termometer gas volume tetap merupakan alat pengukur suhu dengan ketelitian yang sangat tinggi yang memanfaatkan sifat termometrik berupa tekanan yang dihasilkan oleh gas (Helium dan Hidrogen).

 

Termometer gas volume tetap digunakan untuk mengkalibrasi jenis-jenis termometer lain dan sudah diakui oleh laboratorium-laboratorium diseluruh dunia.

Kalibrasi

Untuk mengkalibrasi termometer gas volume tetap, kita bisa mengukur tekanan gas pada dua suhu. Misalnya kita gunakan suhu titik es dan suhu titik uap. Termometer gas volume konstan dikalibrasi pada tempat yang mempunyai tekanan udara 1 atm.

BACA:  Bahaya dan Dampak Negatif yang ditimbulkan oleh Ganja

Prinsip Kerja

 

Prinsip kerja termometer gas volume tetap adalah sebagai berikut ; Volume gas dijaga agar selalu tetap atau tidak berubah, ketika suhu bertambah, tekanan gas juga bertambah.

Di dalam pipa 1 dan pipa 2 terdapat air raksa. Volume gas dijaga agar selalu tetap, dengan cara menaikan atau menurunkan pipa 2 sehingga permukaan air raksa dalam pipa 1 selalu berada pada tanda acuan. Jika suhu meningkat, tekanan gas dalam tabung juga meningkat. Karenanya pipa 2 harus diangkat lebih tinggi agar volume gas selalu konstan. Tekanan gas bisa diketahui dengan membaca tinggi kolom air raksa (h) dalam pipa 2.

Jika menggunakan cara manual, ingat saja kolom air raksa setinggi 760 mm = tekanan 1 atm (1 atmosfir). Pada termometer gas volume konstan yang canggih sudah ada alat penghitung tekanan. Wadah yang berisi gas juga sudah dirancang agar gas selalu berada dalam volume yang tetap. Jadi yang diukur hanya perubahan tekanan saja.

BACA:  Mengetahui Siklus Daur Hidup Katak dari Telur hingga Dewasa

Fungsi

Termometer gas volume tetap digunakan sebagai alat pengukur suhu dengan ketelitian yang sangat tinggi yang memanfaatkan sifat termometrik berupa tekanan yang dihasilkan oleh gas (Helium dan Hidrogen).

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal :

Fungsi Termometer Gas Volume Tetap

Semoga Membantu ^-^

Semangat Belajar, Good Luck.

 

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET