Pengertian, Fungsi, dan Anatomi Hati Manusia

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian, Fungsi, dan Anatomi Hati Manusia
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Hati
Hati atau hepar (bahasa Yunani Kuno: ἡπαρ ‘hēpar’) atau lever (bahasa Belanda: lever; bahasa Inggris: liver) merupakan sebuah kelenjar yang terbesar di dalam tubuh manusia. Hati terletak dalam rongga perut sebelah kanan, tepatnya di bawah diafragma.

Fungsi Hati
Hati juga termasuk sebagai alat ekskresi karena membantu fungsi ginjal dengan memecah beberapa senyawa bersifat racun dan menghasilkan amonia, urea, dan asam urat dengan memanfaatkan nitrogen dari asam amino. Proses pemecahan senyawa racun oleh hati disebut proses detoksifikasi.

Berbagai jenis tugas yang dijalankan oleh hati, dilakukan oleh hepatosit. Hingga saat ini belum ditemukan organ lain atau organ buatan atau peralatan yang mampu menggantikan semua fungsi hati. Beberapa fungsi hati dapat digantikan dengan proses dialisis hati, namun teknologi ini masih terus dikembangkan untuk perawatan penderita gagal hati.

BACA:  Fakta Menarik dan Siklus Hidup dari Hewan Nyamuk

Anatomi Hati Manusia
Hati atau liver sendiri terdiri atas beberapa bagian, tetapi secara garis besar terdiri dari dua lobus, yaitu lobus kanan dan lobus kiri. Bagian lain yang membentuk hati adalah ligamen, pembuluh darah, pembuluh empedu, dan lobulus.

1. Lobus (belahan)
Hati terbagi atas dua lobus utama, Namun, secara garis besar terdiri dari bagian-bagian yakni Lobus kanan (right lobe of liver), Lobus kiri (left lobe of liver), Lobus kaudatus, Lobus kuadrat.

 

2. Jaringan ikat pemisah (ligamen)
Hati terbungkus oleh lapisan jaringan ikat yang disebut kapsul Glisson. Jaringan ikat pada hati kemudian berkembang menjadi beberapa jenis ligamen dengan fungsi sebagai pembatas antara satu lobus dengan lainnya.

BACA:  Mengenal Pengertian Isotop, Sejarah Penamaan dan Jenis-Jenisnya

3. Saluran empedu
Empedu adalah zat yang diproduksi tubuh untuk membantu mencerna lemak dan akan disimpan di dalam kantong empedu. Saluran empedu merupakan saluran penghubung hati dan kantong empedu, yaitu tempat penyimpanan empedu.

4. Pembuluh darah
Berbeda dengan organ tubuh lainnya, suplai darah dari hati memiliki sistem vena portal hepatik. Hati menyimpan sekitar 473 ml darah setiap waktu. Jumlah ini kira-kira setara dengan 13% persediaan darah dalam tubuh.

5. Lobulus
Setiap lobulus hati terdiri dari pembuluh darah pusat yang dikelilingi oleh enam pembuluh darah vena hepatik dan enam arteri hepatik. Pembuluh darah ini dihubungkan oleh banyak saluran pembuluh darah kecil yang berliku-liku atau biasa disebut sinusoid.

 
BACA:  Mengetahui Sifat-Sifat Tumbuhan Lumut pada Fase Sporofit

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian, Fungsi, dan Anatomi Hati Manusia
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET