Propaganda: Pengertian, Sejarah dan Ruang Lingkup

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Propaganda: Pengertian, Sejarah dan Ruang Lingkup
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Propaganda
Propaganda berasal dari bahasa Latin modern yakni propagare yang berarti mengembangkan atau memekarkan merupakan serangkaian pesan dengan tujuan agar dapat memengaruhi pendapat seseorang, tindakan masyarakat atau sekelompok orang.

Propaganda dilakukan menggunakan bahasa ekspresif dan emosional yang bertujuan untuk menggerakkan atau mengubah pikiran manusia yang sering juga dikaitkan dalam bidang irasional. Propaganda membentuk persepsi dan kognisi yang memengaruhi respons perilaku propaganda.

Secara umum, propaganda didefinisikan sebagai jenis komunikasi yang dirancang untuk memengaruhi opini dan reaksi, terlepas dari apakah informasi itu benar atau salah. Propaganda berusaha membujuk opini tanpa memberikan alasan yang relevan.

BACA:  Unsur Berita yang Digunakan Untuk Mengungkapkan Proses Terjadinya Peristiwa

Sejarah Propaanda
Propaganda sudah ada sejak awal terdokumentasinya sejarah manusia. Inskrpsi Behistun (515 SM) yang menggambarkan kenaikan Darius I ke tahta Persia merupakan contoh propaganda awal. Arthashastra yang ditulis oleh Chanakya (350 – 283 SM), profesor di Universitas Takshashila, membahas propaganda secara detail, termasuk cara menyebarkan propaganda dan pemakaiannya dalam peperangan.

Pada tahun 1863 di Jawa ditemukan sebuah prasasti peninggalan pemerintahan Kerajaan Tarumanegara yaitu Prasasti Ciaruteun yang mengungkap adanya tradisi propaganda kerajaan kuno dengan agama dengan menggunakan kultus individu terhadap Raja Purnawarman.

 

Pada abad ke-17 Gereja Katolik Roma mendirikan Perkumpulan Propaganda Suci (Sacred Congregation of Propaganda) di bawah kemimpinan Paus Gregorius XIII (1572 – 1585), ia mengemukakan propaganda suatu hal yang harus disebarkan. Tujuan dari perkumpulan itu adalah pembentukan komisi untuk mengelola lembaga pendidikan Katolik mengenai penyebaran keyakinan.

BACA:  Mengenal Macam-Macam Klasifikasi Sungai

Pada abad ke-20 istilah propaganda menjadi berkonotasi negatif (bermakna negatif) menakutkan, karena propaganda yang dilakukan oleh kaum Nazi Jerman dengan paham Fasisme dan juga oleh Uni Soviet dalam menyebarkan doktrin komunisme.

Ruang Lingkup Propaganda
Terdapat beberapa pembagian ruang lingkup dari propaganda, adalah sebagai berikut:

Berdasarkan sifatnya
1. Propaganda putih
2. Propaganda hitam
3. Propaganda abu-abu

Berdasarkan medianya

1. Propaganda vertikal
2. Propaganda horizontal

Berdasarkan sumbernya
1. Propaganda tertutup
2. Propaganda terbuka
3. Propaganda terbuka

 

Berdasarkan metode
1. Metode koersif
2. Metode persuasif
3. Metode pervasif

Berdasarkan sistem
1. Propaganda interaksi simbolik
2. Propaganda dengan perbuatan

Berdasarkan tujuan
1. Propaganda sosial
2. Propaganda politik
3. Propaganda agitasi
4. Propaganda integrasi

BACA:  Peninggalan-Peninggalan Kerajaan Hindu Budha yang Ada di Nusantara

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Propaganda: Pengertian, Sejarah dan Ruang Lingkup
Semangat Belajar, Good Luck. ^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET