Pengertian, Penggolongan dan Dampak Buruk Narkotika

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian, Penggolongan dan Dampak Buruk Narkotika
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Narkoba
Narkoba adalah singkatan dari Narkotika dan Obat-Obatan, dilansir dari Badan Narkotika Nasional, Narkotika adalah zat atau obat baik yang bersifat alamiah, sintetis, maupun semi sintetis yang menimbulkan efek penurunan kesadaran, halusinasi, serta daya rangsang. Sementara menurut UU Narkotika pasal 1 ayat 1 menyatakan bahwa narkotika merupakan zat buatan atau pun yang berasal dari tanaman yang memberikan efek halusinasi, menurunnya kesadaran, serta menyebabkan kecanduan.

Pemanfaatan dari zat-zat itu adalah sebagai obat penghilang nyeri serta memberikan ketenangan, akan tetapi Obat-obatan tersebut dapat menimbulkan kecanduan bahkan efek samping yang sangat membahayakan bagi tubuh jika pemakaiannya berlebihan dan digunakan tidak sesuai dengan resep anjuran atau pengawasan dokter.

BACA:  Komoditas Ekspor Hayati dan Non Hayati di Indonesia

Penggolongan Narkotika
1. Berdasarkan risiko ketergantungan, Narkotika dibagi menjadi 3 jenis golongan yakni Narkotika Golongan 1, Narkotika Golongan 2 dan Narkotika Golongan 3, berikut penjelasannya:

Narkotika Golongan 1
Narkotika golongan 1 seperti ganja, opium, dan tanaman koka sangat berbahaya jika dikonsumsi karena beresiko tinggi menimbulkan efek kecanduan.

Narkotika Golongan 2
Narkotika golongan 2 bisa dimanfaatkan untuk pengobatan asalkan sesuai dengan resep dokter. Jenis dari golongan ini kurang lebih ada 85 jenis, beberapa diantaranya seperti Morfin, Alfaprodina, dan lain-lain. Golongan 2 juga berpotensi tinggi menimbulkan ketergantungan.

 

Narkotika Golongan 3
Narkotika golongan 3 memiliki risiko ketergantungan yang cukup ringan dan banyak dimanfaatkan untuk pengobatan serta terapi.

2. Berdasarkan bahan pembuatannya,Narkotika dibagi menjadi 3 jenis jenis yakni Narkotika Jenis Sintetis, Narkotika Jenis Semi Sintetis, Narkotika Jenis Alami, berikut penjelasannya:

Narkotika Jenis Sintetis

Jenis narkotika ini dihasilkan dari proses pengolahan yang rumit. Golongan ini sering dimanfaatkan untuk keperluan pengobatan dan juga penelitian. Contoh dari narkotika yang bersifat sintetis seperti Amfetamin, Metadon, Deksamfetamin, dan sebagainya.

BACA:  Sejarah dilakukannya Kerja Rodi pada Zaman Penjajahan Belanda

Narkotika Jenis Semi Sintetis
Jenis narkotika ini diolah menggunakan bahan utama berupa narkotika alami yang kemudian diisolasi dengan cara diekstraksi atau memakai proses lainnya. Contohnya adalah Morfin, Heroin, Kodein, dan lain-lain.

Narkotika Jenis Alami
Ganja dan Koka menjadi contoh dari Narkotika yang bersifat alami dan langsung bisa digunakan melalui proses sederhana. Karena kandungannya yang masih kuat, zat tersebut tidak diperbolehkan untuk dijadikan obat. Bahaya narkoba ini sangat tinggi dan bisa menyebabkan dampak buruk bagi kesehatan jika disalahgunakan. Salah satu akibat fatalnya adalah kematian.

 

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian, Penggolongan dan Dampak Buruk Narkotika
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET