Mengenal Pahlawan Nasional Nyi Ageng Serang dan Perjuangannya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Pahlawan Nasional Nyi Ageng Serang dan Perjuangannya
disimak baik-baik ya…

Biografi Nyi Ageng Serang

Nyi Ageng Serang adalah seorang Pahlawan Nasional Indonesia. Di antara keturunannya, salah satunya juga seorang Pahlawan Nasional, yaitu Soewardi Soerjaningrat atau lebih dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara.

 

Nyi Ageng Serang atau Raden Ayu Serang memiliki nama kecil Raden Ajeng Retno Kursiah Edi dan setelah menikah, namanya menjadi Bendoro Raden Ayu Kustiyah Wulaningsih Retno Edi, lahir di Desa Serang 40 km sebelah utara Surakarta dekat Purwodadi, Jawa Tengah pada tahun 1752 dan meninggal di Yogyakarta tahun 1828.

BACA:  Mengenal Hukum Kirchhoff dalam Ilmu Fisika

Ayahnya adalah Pangeran Ronggo seda Jajar yang dijuluki Panembahan Senopati Notoprojo. Nyi Ageng Serang masih keturunan Sunan Kalijaga. Pangeran Notoprojo menguasai wilayah terpencil dari Kerajaan Mataram tepatnya di wilayah Serang yang sekarang berada di wilayah perbatasan Grobogan-Sragen.

Perjuangan Nyi Ageng Serang
Pada awal Perang Diponegoro pada tahun 1825, Nyi Ageng Serang yang berusia 73 tahun memimpin pasukan dengan tandu untuk membantu Pangeran Diponegoro melawan Belanda. Tidak hanya turut berperang, ia juga menjadi penasihat perang. Nyi Ageng Serang berjuang di beberapa daerah, seperti Purwodadi, Demak, Semarang, Juwana, Kudus, dan Rembang.

Nyi Ageng Serang mengikuti pelatihan kemiliteran dan siasat perang bersama dengan para prajurit pria. Menurut keyakinannya, selama ada penjajahan di bumi pertiwi, maka ia harus siap tempur untuk melawan para penjajah. Salah satu strategi perang paling terkenal darinya adalah penggunaan lumbu atau daun talas hijau untuk penyamaran.

BACA:  Perbandingan Persilangan antara tanaman mangga berbuah besar rasa masam (BBmm) dengan mangga berbuah kecil rasa manis (bbMM) dalam Ratio Genotatip dan Fenotatip

Kematian Nyi Ageng Serang
Nyi Ageng Serang meninggal di Yogyakarta tahun 1828 dan dimakamkan di Kalibawang, Kulon Progo. Namun, ada yang meyakini bahwa makamnya berada di daerah Grobogan yang kini menjadi lokasi Waduk Kedung Ombo, sehingga dibuatlah sebuah makam terapung di waduk tersebut. Di antara keturunannya, salah satunya juga seorang Pahlawan Nasional yaitu Soewardi Soerjaningrat atau lebih dikenal sebagai Ki Hajar Dewantara.

 

Sebagai pahlawan nasional, Nyi Ageng Serang cenderung hampir terlupakan. Mungkin karena namanya tak sepopuler R.A. Kartini atau Cut Nyak Dhien. Bagaimanapun warga Kulon Progo mendirikan monumen di tengah kota Wates untuk mengenangnya. Monumen tersebut berupa patung Nyi Ageng Serang yang sedang menaiki kuda dengan gagah berani membawa tombak.

BACA:  Proses Pencernaan Makanan dan Penyerapan Nutrisi

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Pahlawan Nasional Nyi Ageng Serang dan Perjuangannya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET