Mengenal Biografi Ilmuan: Joseph John Thomson

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Biografi Ilmuan: Joseph John Thomson
disimak baik-baik ya…

 

Joseph John Thomson atau lebih dikenal dengan nama J. J, Thomson ialah seorang ilmuwan yang lahir di Cheetham Hill, di mana ia diangkat sebagai profesor fisika eksperimental sejak 1884. Penelitiannya membuahkan penemuan elektron. Thomson mengetahui bahwa gas mampu menghantar listrik. Ia menjadi perintis ilmu fisika nuklir. Thomson memenangkan Hadiah Nobel Fisika pada tahun 1906. Joseph John Thomson lahir di Creetham Hill, pinggiran kota Manchester pada tanggal 18 Desember 1856.

Pendidikan dan Karir Joseph John Thomson
Joseph John Thomson mendaftar di Owens College, Manchester tahun 1870, dan tahun 1876 mendaftar di Trinity College, Cambridge sebagai pelajar biasa.

Joseph John Thomson menjadi anggota Trinity College pada tahun 1880, ketika dia menjadi penerima Penghargaan Wrangler dan Smith (ke-2). Dia tetap menjadi anggota Trinity College seumur hidupnya. Dia menjadi pengajar pada tahun 1883, dan menjadi profesor pada tahun 1918.

BACA:  Sejarah Penemuan Ikatan Kovalen dan Fungsi Derajat Ikat

Dia adalah professor fisika eksperimental di laboratorium Cavendish, Cambridge, di mana dia menggantikan John Strutt, 3rd Baron Rayleigh, dari tahun 1884 sampai tahun 1918 dan menjadi profesor fisika terhormat di Cambridge dan Royal Institution, London.

Thomson baru-baru itu tertarik pada struktur atom yang direfleksikan dalam bukunya, yang berjudul Treatise on the Motion of Vortex Rings yang membuatnya memenangkan Adams Prize tahun 1884. Bukunya yang berjudul Application of Dynamics to Physics and Chemistry terbit tahun 1886, dan pada tahun 1892 dia menerbitkan buku berjudul Notes on Recent Researches in Electricity and Magnetism.

 

Kemunculan risalat James Clerk Maxwell yang terkenal disebut sebagai jilid ketiga Maxwell. Thomson bekerja sama dengan Professor J.H. Poynting untuk menulis buku fisika dalam empat jilid, berjudul Properties of Matter dan tahun 1895, dia menghasilkan buku Elements of the Mathematical Theory of Electricity and Magnetism, edisi kelima yang terbit pada tahun 1921.

BACA:  Pengertian dan Jenis-Jenis Hidrologi Beserta Prosesnya

Joseph John Thomson dipilih menjadi anggota Royal Society tahun 1884 dan menjadi presiden selama 1916-1920; dia memperoleh medali Royal and Hughes pada tahun 1894 dan 1902, dan memperoleh Medali Copley tahun 1914. Dia dianugerahi Medali Hodgkins (Smithsonian Institute, Washington) tahun 1902; Medali Franklin dan Medali Scott (Philadelphia), 1923; Medali Mascart (Paris), 1927; Medali Dalton (Manchester), 1931; dan Medali Faraday (Institute of Civil Engineers) pada tahun 1938.

Joseph John Thomson adalah Presiden British Association tahun 1909 (dan dari bagian A tahun 1896 dan 1931) dan dia memegang gelar Doktor Kehormatan dari Universitas Oxford, Dublin, London, Victoria, Columbia, Cambridge, Durham, Birmingham, Göttingen, Leeds, Oslo, Sorbonne, Edinburgh, Reading, Princeton, Glasgow, Johns Hopkins, Aberdeen, Kraków, dan Philadelphia.

Penemuan Joseph John Thomson
Penemuan elektron oleh Thomson terjadi pada tahun 1897.Penemuan elektron oleh Thomson berawal dari penelitiannya untuk pembuktian mengenai konsep partikel yang dijelaskan oleh George Johnstone Stoney. Penemuan elektron merupakan hasil dari teknologi ruang hampa udara.

 
BACA:  Ciri-Ciri Pertumbuhan Sekunder Pada Tumbuhan

Model atom Thomson merupakan kondisi elektrostatik dengan elektron yang stabil. Penemuan elektron ini menjadi langkah awal bagi pengembangan mikroskop elektron dan pengembangan keilmuan biologi sel.

Pasangan Joseph John Thomson
Pada tahun 1890, dia menikahi Rose Elisabeth, putri Sir George E. Paget, K.C.B. Mereka dianugerahi seorang putera dan seoorang puteri. Anaknya yang putra bernama Sir George Paget Thomson merupakan seorang profesor emeritus untuk fisika di Universitas London, yang juga dianugerahi Nobel Fisika tahun 1937. Joseph John Thomson meninggal dunia pada tanggal 30 Agustus 1940.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Biografi Ilmuan: Joseph John Thomson
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET