Mengenal Apa Itu Kamuflase, Fungsi dan Contoh Hewan yang Berkamuflase

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Apa Itu Kamuflase, Fungsi dan Contoh Hewan yang Berkamuflase
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Kamuflase pada Hewan
Kamuflase adalah suatu metode yang memungkinkan sebuah organisme atau benda yang biasanya mudah terlihat menjadi tersamar atau sulit dibedakan dari lingkungan sekitarnya.

Kamuflase adalah tingkah laku hewan yang mencari tempat yang sama warnanya dengan warna tubuh hewan tersebut. Hal ini bertujuan agar ia tidak terlihat oleh musuhnya. Dengan berada di tempat yang warnanya sama, hewan tersebut berharap musuh akan sulit menemukannya.

Kamuflase adalah salah satu hal yang biasa dilakukan hewan di alam bebas. Kamuflase sebagai salah satu cara beradaptasi yang dilakukan hewan untuk bertahan hidup, menghindari pemangsa atau ketika ingin memangsa.

Kamuflase merupakan perubahan bentuk, rupa, sikap, warna dan sebagainya menjadi lain agar tidak dikenali. Selain itu, kamuflase bisa juga disebut sebagai suatu metode yang memungkinkan sebuah organisme atau benda yang biasanya mudah terlihat, menjadi tersamar atau sulit dibedakan dari lingkungan sekitarnya.

BACA:  Mengenal Pengertian, Fungsi dan Lapisan Atmosfer

Fungsi Kamuflase pada Hewan
Terdapat beberapa fungsi kamufllase pada hewan, yakni:
1. Menyamarkan diri agar serupa dengan lingkungan sekitarnya.
2. Metode untuk bertahan hidup.
3. Menghindari musuh atau pemangsa.

 

Contoh Hewan yang berkamuflase
Terdapat beberapa jenis hewan yang dapat berkamuflase, diantaranya:
1. Gurita (Octopus)
Gurita pandai melakukan kamuflase. Kamuflase itu dilakukan untuk menghindari kejaran predator sekaligus untuk mempertahankan diri dari musuh.

2. Tokek ekor daun
Tokek ekor daun atau yang biasa disebut Satanic Leaf Tailed Gecko mempunyai habitat di kawasan Afrika Tengah dan Timur. Tokek dari Madagaskar ini mampu tumbuh dengan panjang hingga 9 cm.

3. Burung Potoo
Burung Potoo (Ncytibius Grandis) ialah burung yang sangat pandai berkamuflase. Hewan nokturnal ini mempunyai warna bulu yang beragam dari abu–abu hingga coklat. Hal itu membuatnya mampu terlihat samar di antara pepohonan di hutan belantara.

BACA:  Manfaat Kerja Sama ASEAN di Bidang Ilmu Pengetahun dan Teknologi (IPTEK)

4. Katak hijau
Katak yang satu ini mempunyai kemampuan kamuflase sangat baik seperti katak bertanduk panjang (megophrys nasuta) di Pulau Kalimantan. Ia mempunyai otot kaki kekar, kepala pipih melebihi luas tubuhnya. Bentuk tubuhnya juga memudahkan ia untuk berkamuflase di atas dedaunan hijau dan batang pohon untuk menanti mangsanya yang lewat.

 

5. Macan tutul (leopard)
Hewan ini dikenal juga dengan sebutan harimau dahan karena kemampuannya memanjat. Macan tutul dengan berukuran besar mempunyai panjang tubuh antara satu hingga dua meter.

6. Ikan daun
Ikan daun berasal dari sungai amazon yang melakukan kamuflase seperti daun yang mati, mulai dari bentuk tubuhnya hingga gerakannya yang perlahan terombang–ambing mengikuti arus di permukaan sungai.

7. Belalang sembah
Belalang sembah mempunyai kamuflase yang sangat unik. Bukan hanya untuk mengecoh pemangsanya, namun hewan ini juga sangat cerdik menipu calon mangsanya.

BACA:  Pengertian Pelarut dalam Reaksi Kimia dan Klasifikasinya

8. Katydid (belalang daun)
Belalang “daun layu” merupakan makhluk yang menarik dan evolusi seleksi alam telah memberkahi binatang ini dengan kemampuan untuk meniru daun yang layu guna mengecoh pandangan pemangsa.

9. Kupu–kupu daun mati
Kupu–kupu daun mati merupakan makhluk luar biasa untuk diamati dari dekat. Kupu-kupu mati memiliki rincian rumit, sehingga rincian ini membantu kupu–kupu menghindari pemangsa dengan meniru daun yang mati.

10. Phyllium giganteum
Serangga ini mempunyai tubuh yang memanjang, seperti tongkat dan sayap–sayap sangat menyusut atau sama sekali tidak ada. Serangga ini tidak mempunyai tympanum dan penghasil bunyi.

11. Kuda lAUT
Warna yang beragam dan bentuknya unik ini menjadi daya tarik tersendiri sebagai ikan hias akuarium. Apabila merasa terancam, kuda laut akan mengubah warna tubuhnya menyamai lingkungannya.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Apa Itu Kamuflase, Fungsi dan Contoh Hewan yang BerkamuflaseSemangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET