Mengenal Pengertian dan Sifat Benda Padat

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengenal Pengertian dan Sifat Benda Padat
disimak baik-baik ya…

Pengertian Benda Padat

Benda padat adalah bentuk wujud benda yang memiliki wujud padat dengan massa dan menempati sebuah ruang atau berada pada volume tertentu. Di dalam zat padat, partikel individu tidak bergerak dengan cepat untuk mengalahkan gaya tarik menarik antar partikel. Yang mana partikel tersebut bergetar tapi terikat rapat di tempatnya.

 

Ada dua cara utama partikel zat padat dapat tersusun yaitu dalam barus teratur yang rapi di dalam susunan yang tidak menentu. Dimana zat padat yang partikelnya tersusun di dalam baris teratur dan rapi biasanya disebut dengan kristal. Contoh dari kristal yaitu antara lain intan, logam, es, dan juga kristal garam.

BACA:  Nilai-Nilai yang Terkandung Dalam Hikayat

Berikutnya adalah zat padat yang partikelnya tidak tersusun secara teratur atau rapi biasanya disebut dengan amorf. Zat padat amorf umumnya mempunyai tekstur mengkilap dan juga elastis. Contoh dari zat padat amorf antara lain kaca, lilin, plastik, dan juga karet.

Sifat Zat Padat
Beberapa sifat zat padat adalah sebagai berikut:
1. Volume Tetap
Volume benda padat akan tetap sama jika dipindahkan dari satu wadah ke wadah lainnya. Untuk merubah volume benda padat memerlukan cara dan proses perubahan bentuk atau wujud agar bisa mengurangi atau menambah volumenya.

2. Bentuknya Tetap
Sifat benda padat yang paling tampak adalah bentuknya yang selalu tetap dalam kondisi tertentu, baik dalam wadahnya atau di ruangan terbuka. Bentuknya yang padat juga memerlukan cara atau proses tertentu untuk mengubahnya.

BACA:  Pengertian Rangkaian Paralel Serta Kelebihan dan Kekurangannya

3. Mempunyai Massa
Bukti benda padat memiliki massa bisa dibuktikan jika kita membawa atau memegang benda padat, ada yang ringan dan ada pula yang berat. Massa pada benda padat biasanya diukur dengan gram, kilogram, dan seterusnya, seperti batu, kayu, logam, besi, tanah, pasir, dan sebagainya.

 

4. Dapat Diubah Bentuknya Dengan Cara Tertentu
Berubahnya benda padat dapat mengalami proses atau cara yang berbeda-beda, sehingga membutuhkan waktu dan alat-alat tertentu. Misalnya untuk merubah kayu menjadi kertas, kursi, lemari, meja, dan sebagainya membutuhkan waktu dan cara tertentu.

5. Tidak Dapat mengalir
Benda padat tidak mengalir seperti benda cair yang bisa mengalir. Itu artinya benda padat juga tidak mudah merambat dengan mudah. Benda padat tidak bisa mengalir karena memiliki bentuk dan volume yang tetap.

BACA:  Klasifikasi dan Manfaat Kalsium Bagi Manusia

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengenal Pengertian dan Sifat Benda Padat
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET