Ilmuan dan Teori yang Menjelaskan Munculnya Pelangi

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Ilmuan dan Teori yang Menjelaskan Munculnya Pelangi
disimak baik-baik ya…

 

Pelangi adalah fenomena meteorologi yang disebabkan oleh refleksi, refraksi (pembiasan), dan difraksi cahaya dalam tetesan air yang menghasilkan spektrum cahaya yang muncul di langit. Pelangi biasanya bentuk busur melingkar berwarna-warni. Pelangi yang disebabkan oleh sinar matahari selalu muncul di bagian langit yang berhadapan langsung dengan matahari.

Pelangi memiliki spektrum warna yang berkelanjutan. Pita berbeda apa pun yang terlihat merupakan artefak penglihatan warna manusia, dan tidak ada pita jenis apa pun yang terlihat dalam foto hitam-putih pelangi, hanya gradasi halus intensitas hingga maksimum, lalu memudar ke sisi lain. Untuk warna yang dilihat oleh mata manusia, urutan yang paling sering dikutip dan diingat adalah tujuh warna yang disebutkan Isaac Newton: merah, oranye, kuning, hijau, biru, nila dan ungu, diingat dengan jembatan keledai mejikuhibiniu.

BACA:  Pengertian Sifat Koligatif Larutan dan Faktor yang Mempengaruhinya

Pelangi bisa disebabkan oleh berbagai bentuk air di udara. Ini termasuk tidak hanya hujan, tetapi juga kabut, semprotan, dan embun di udara.

Al-Qarafi adalah seorang ilmuwan yang menemukan teori pelangi. mempunyai nama lengkap yaitu Shihab Al-Din Abu Al Abbas Ibn Idris Al Sanhaji Al-Qarafi.

Al-Qarafi adalah seorang ilmuwan yang lahir pada tahun 1228 M dan dilahirkan di Bahnasa, Mesir. Ia juga dikenal sebagai seseorang yang ahli kalam serta salah satu ahli hukum Islam yang bermazhab Maliki.

 

Prose terjadinya pelangi ditulis di dalam karya ilmiah Al-Qarafi. Karya ilmiah ini berbentuk kitab dengan nama Al-istibar fi ma Tudrikuhul Al-Abshar. Adapun arti nama kitab itu adalah “Tentang Apa Yang Ditangkap Oleh Mata”.

BACA:  Fungsi Beberapa Alat di Laboratorium Kimia

Dalam karya ilmiahnya, Al-Qarafi menjelaskan bahwa kemunculan pelangi di langit disebabkan oleh pantulan sinar matahari terhadap asap atau uap di langit.

Menurut Al-Qarafi, pelangi mempunyai dua macam warna, yaitu warna asap dan matahari serta warna yang tersusun dari kedua unsur tersebut. Bukan hanya tentang warna pelangi, ia juga menjelaskan bahwa warna dari suatu objek tidak akan kembali sama ketika dipantulkan ke cermin. Warna objek dan cermin akan memunculkan warna yang berasal dari pantulan cermin.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Ilmuan dan Teori yang Menjelaskan Munculnya Pelangi
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET