Proses Pembentukan Batuan Sedimen dan Klasifikasinya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Proses Pembentukan Batuan Sedimen dan Klasifikasinya
disimak baik-baik ya…

 

Batuan sedimen atau batuan endapan adalah batuan yang terbentuk di permukaan bumi pada kondisi temperatur dan tekanan yang rendah. Batuan ini berasal dari batuan yang lebih dahulu terbentuk, yang mengalami pelapukan, erosi, dan kemudian lapukannya diangkut oleh air, udara, atau es, yang selanjutnya diendapkan dan berakumulasi di dalam cekungan pengendapan, membentuk sedimen. Material-material sedimen itu kemudian terkompaksi, mengeras, mengalami litifikasi, dan terbentuklah batuan sedimen.

Selain terbentuk dari konsolidasi sedimen, batuan sedimen juga dapat terbentuk karena adanya penguapan larutan kalsium karbonat, garam, silika, serta berbagai material lainnya.

BACA:  Pengertian dan Jenis-Jenis Diskriminasi dalam Lingkup Sosiologi

Berdasarkan proses yang bertanggung jawab untuk pembentukan mereka, batuan sedimen dapat dibagi menjadi empat kelompok: batuan sedimen klastik, batuan sedimen biokimia (atau biogenik), batuan sedimen kimia dan kategori keempat untuk “kategori lainnya” adalah untuk batuan sedimen yang dibentuk oleh dampak vulkanisme, dan proses-proses minor lainnya.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Proses Pembentukan Batuan Sedimen dan Klasifikasinya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET