Mengetahui Pengertian Komponen Biotik dan Jenis-Jenisnya

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Mengetahui Pengertian Komponen Biotik dan Jenis-Jenisnya
disimak baik-baik ya…

 

Komponen biotik adalah komponen lingkungan yang terdiri atas makhluk hidup. Komponen biotik dapat digolongkan berdasarkan jenis-jenis tertentu, seperti golongan manusia, hewan dan tumbuhan.

Makhluk hidup berdasarkan ukurannya digolongkan menjadi mikroorganisme dan makroorganisme. Manusia merupakan faktor biotik yang mempunyai pengaruh terkuat di bumi ini, baik dalam pengaruh memusnahkan dan melipatkan, atau mempercepat penyebaran hewan dan tumbuhan.

Berdasarkan peran dan fungsinya, makhluk hidup dibedakan menjadi tiga macam, yakni Produsen, Konsumen dan Dekomposer. Berikut penjelasannya:

  • Produsen adalah makhluk hidup yang mampu mengubah zat anorganik menjadi zat organik (organisme autotrof). Proses tersebut hanya bisa dilakukan oleh tumbuhan yang berklorofil dengan cara fotosintesis. Contoh produsen adalah alga, lumut dan tumbuhan hijau.
  • Konsumer adalah organisme heterotrof yang tidak bisa membuat makanannya sendiri dan tergantung kepada organisme lain, baik yang bersifat heterotrof maupun yang autotrof. Konsumer biasanya merupakan hewan. Hewan yang memakan tumbuhan secara langsung (herbivora) dinamakan konsumer primer. Hewan yang memakan konsumer primer dinamakan konsumer II dan seterusnya sehingga terbentuk suatu rantai makanan. Konsumer terakhir disebut konsumer puncak. Contoh konsumer puncak adalah manusia.
  • Dekomposer adalah organisme yang menguraikan bahan organik menjadi anorganik untuk kemudian digunakan oleh produsen. Dekomposer dapat disebut juga sebagai organisme detritivor atau pemakan bangkai. Contoh organisme dekomposer adalah bakteri pembusuk dan jamur.
BACA:  Pengertian, Struktur dan Fungsi Jaringan Dalam Tubuh Manusia

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Mengetahui Pengertian Komponen Biotik dan Jenis-Jenisnya
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET