Pengertian, Fungsi dan Gangguan Pada Pankreas

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Pengertian, Fungsi dan Gangguan Pada Pankreas
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian Pankreas
Pankreas adalah organ berbentuk lonjong yang terletak pada bagian kiri atas perut, berukuran 6 inci, tepatnya di belakang organ lambung. Pankreas terletak pada kuadran kiri atas abdomen atau perut dan Kepalanya terhubung ke duodenum (bagian atas dari usus kecil) melalui saluran pancreas, sementara ekornya memanjang ke sisi kiri tubuh.

Fungsi Pankreas
Beberapa fungsi dari pankreas adalah:
1. Menghasilkan enzim pencernaan atau fungsi eksokrin serta menghasilkan beberapa hormon atau fungsi endokrin. Produk enzim akan disalurkan dari pankreas ke duodenum melalui saluran pankreas utama.
2. Mengatur kadar gula dalam darah melalui pengeluaran glukagon, yang menambah kadar gula dalam darah dengan mempercepat tingkat pelepasan dari hati.
3. Meregulasi gula darah[2] Pengurangan kadar gula dalam darah dengan mengeluarkan insulin yang mana mempercepat aliran glukosa ke dalam sel pada tubuh, terutama otot. Insulin juga

BACA:  Pengertian, Syarat dan Contoh dari Persamaan Reaksi

Gangguan Pada Pankreas
Gangguan pada pankreas ketika fungsinya gagal dijalankan secara efektif. Gangguan tersebut antara lain adalah Pankreatitis atau pembengkakan pankreas yang menyebabkan pembuluh darah di dekatnya membengkak. Selain itu, pankreatitis dapat memicu pendarahan, infeksi, dan kerusakan lainnya. Kondisi ini juga dapat membuat cairan pencernaan yakni enzim dan hormon terjebak di dalam pankreas. Jika terjadi, cairan tersebut dapat mencerna pankreas itu sendiri.

Pankreatitis adalah salah satu kondisi yang paling umum terjadi ketika pankreas rusak, Pankreatitis terbagi menjadi dua jenis yakni akut dan kronis.

Pankreatitis akut adalah peradangan mendadak pada organ dan ditandai dengan sakit perut bagian atas. Serangan pertama biasanya berlangsung dalam waktu singkat dan relatif ringan. Umumnya disebabkan oleh batu empedu, massa padat berukuran kecil yang terbentuk di dalam empedu. Bisa juga disebabkan oleh hal lain seperti alkohol, obat-obatan, faktor keturunan dan infeksi juga memengaruhi kemampuan pankreas berfungsi sepenuhnya.

 
BACA:  Di dalam suatu desa yang berpenduduk 10.000 orang, 16% di antaranya adalah orang albino. Berapa Banyak orang di desa tersebut yang tidak albino namun membawa sifat albino?

Pankreatitis kronis adalah terjadinya pankreatitis akut yang berulang. Dengan pankreatitis akut, pankreas mendapat kesempatan untuk kembali ke keadaan normal ketika serangan menghilang. Namun, jika serangan itu terjadi berulang kali, hal ini menjadi pankreatitis kronis, yang mana mencegah pankreas untuk kembali ke keadaan normal.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Pengertian, Fungsi dan Gangguan Pada Pankreas
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2023 GURULESPRIVAT.NET