Faktor Pendukung Kerajaan Demak Dalam Meningkatkan Kekuatan Sektor Maritim

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas tentang :
Faktor Pendukung Kerajaan Demak Dalam Meningkatkan Kekuatan Sektor Maritim
Disimak baik-baik ya…

 

Sejarah Kerajaan Demak
Kerajaan Demak adalah sebuah kerajaan Islam pertama yang ada di pantai utara Jawa. Dulu, wilayah Demak pertama muncul sebagai kabupaten dari Kerajaan Majapahit. Kesultanan atau Kerajaan Demak menjadi salah satu pelopor yang cukup besar dalam menyebarkan Agama Islam di wilayah Pulau Jawa.

Kesultanan Demak atau Kerajaan Demak adalah kerajaan Islam Jawa yang berdiri pada perempat akhir abad ke-15 di Demak. Menurut cerita tradisional Jawa, kerajaan ini didirikan oleh Raden Patah, anak raja Majapahit terakhir dan seorang putri raja dari negeri Tiongkok.

BACA:  7 Upaya Dalam Menyelesaian Konflik Sosial – Materi Sosiologi Kelas 11

Umur Kerajaan Demak relatif pendek dibandingkan dengan kerajaan lainnya, resmi berdiri pada tahun 1481 M dengan raja pertama Raden Patah dan runtuh pada masa pemerintahan Arya Penangsang pada tahun 1586 M.

Letak Kerajaan Demak
DI zaman dahulu kala, Kerajaan Demak terletak di tepi laut. Tempat tersebut masuk ke dalam wilayah Kampung Bintara. Untuk sekarang ini, kampung tersebut masuk ke dalam wilayah Jawa Tengah. Saat pemerintahan Demak dipimpin oleh Sultan Prawoto, tempat tersebut mulai dipindahkan ke Demak Prawata.

Setelah Sultan Prawoto meninggal dunia, kerajaan tersebut mulai dipindahkan ke Jipang oleh Arya Penangsang yang saat itu memegang kekuasaan pemerintahan kerajaan Demak. Setelah itu, Arya Penangsang meninggal dunia karena dibunuh oleh Ki Gede Pamanahan dan juga Hadiwijaya. Untuk Hadiwijaya sendiri berasal dari Pajang. Dimana setelah membunuh Arya Penangsang, Ia kemudian menerima kendali penuh untuk mengatur semua hal di Kerajaan Demak. Lalu setelah itu, Kerajaan Demak beralih menjadi Kerajaan Pajang.

 
BACA:  Mengenal Apa Itu Energi Kimia Beserta Macamnya

Hasil Kebudayaan dari Kerajaan Demak
Berikut ini beberapa Hasil Kebudayaan dari Kerajaan Demak, diantarannya :
1. Soko Tatal
2. Pawestren
3. Situs Kolam Wudhu
4. Masjid Agung Demak

Faktor pendukung Kerajaan Demak dalam meniningkatkan kekuatan sektor maritim
Kerajaan Demak berada di pesisir utara Pulau Jawa sehingga sumber utama ekonomi masyarakat Demak adalah perdagangan laut. Dimana pada saat itu, mereka berhasil memperluas wilayah dan menguasai mayoritas pelabuhan utama seperti Madura, Tuban, Surabaya, Semarang, Cirebon, Jepara, dan Sunda Kelapa.

Faktor pendukung Kerajaan Demak dalam sektor maritim adalah lokasi geografis didominasi oleh lautan selain itu Demak juga melakukan penguatan armada laut, pengamanan pelabuhan penting, dan peningkatan sarana pelayaran dan perdagangan.

BACA:  Biosfer dan Faktor-Faktor Persebaran Flora dan Fauna

Baca juga : Mengapa Kerajaan Singasari Bercorak Maritim

 

Nah, demikian pembahasan kita kali ini tentang : Faktor Pendukung Kerajaan Demak Dalam Meningkatkan Kekuatan Sektor Maritim

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin ditanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya,,,

Semangat Belajar, Good Luck.

Referensi : Gramedia.com

 

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET