Palung Mariana: Fakta, Letak dan Kedalaman

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Palung Mariana: Fakta, Letak dan Kedalaman
disimak baik-baik ya…

 

Pengertian
Palung Mariana atau Mariana Trench adalah palung yang paling besar terletak di Samudera Pasifik bagian barat Filipina. Palung ini mempunyai titik terdalam di permukaan bumi, karena mempunyai jurang dasar laut yang paling dalam.

Palung Mariana pertama kali diteliti pada tahun 1875 oleh kapal Angkatan Laut Britania, Challenger II, menggunakan kapal selam bernama Trieste dan memberikan nama titik terdalam dari palung tersebut Kedalaman Challenger. Menggunakan gema suara, Challenger II mengukur kedalam 5.960 fathom (10.900 m) pada 11° 19′ U, 142° 15′ T.

BACA:  Pengertian Interaksi Sosial Asosiatif dan Manfaatnya

Di dasar Palung Mariana, air memberikan tekanan sebesar 1.086 bar (108 MPa atau 15.751 psi) atau 8 ton per inci persegi. Ini bisa diilustrasikan sebagai 50 unit pesawat jet terbesar di dunia ataupun 1.600 gajah Afrika yang ditumpuk.

Fakta Palung Mariana

Beberapa Fakta-fakta yang terdapat pada Palung Mariana adalah sebagai berikut:

1. Lebih tinggi dari Everest
2. Tekanan yang Sangat Tinggi
3. Memiliki Zona Misterius, terbagi atas 4 zona yakni: litoral, bathyal, abisal dan handal.
4. Terbentuk sejak 180 Juta Tahun
5. Palung Mariana pertama kali ditemukan oleh seorang lembaga dengan nama HMS challenger. Kapal angkatan laut Britania di tahun 1875 ini memang sengaja menemukan palung Mariana dan menelitinya.

BACA:  Raden Wijaya Menyikapi Kehadiran Pasukan Mongol di Kerajaan Singasari Setelah Kerajaan Tersebut Dipindahkan ke Kediri Oleh Jayakatwang

Ciri-Ciri
Beberapa Ciri-ciri Palung Mariana adalah sebagai berikut:

 

1. Mempunyai kedalaman yang sangat curam dan berbahaya
2. Berbentuk seperti jurang dan menjorok ke dalam
3. Semakin dalam, hanya akan ada kegelapan
4. Letaknya di dalam lautan lepas
5. Dindingnya tajam dan curam
6. Terjal
7. Berbentuk cekung

Letak
Palung ini terletak di dasar barat laut Samudra Pasifik, sebelah timur Kepulauan Mariana di 11° 21′ Lintang Utara dan 142° 12′ Bujur Timur. Palung ini merupakan batasan di mana dua lempeng tektonik bertemu, zona subduksi di mana Lempeng Pasifik disubduksi di bawah Lempeng Filipina.

Kedalaman
Kedalaman palung ini diperkirakan sekitar 11.034 meter apabila dibandingkan dengan Gunung Everest setinggi 8.848 meter di atas permukaan laut. Palung Mariana yang berada di Pasifik Timur dari Filipina mempunyai panjang sekitar 2.250 km, lebar rata–rata 69 km dan jarak dari laut ke palung terdalam mencapai 11 km.

BACA:  Mengenal Arus Bolak-Balik Dalam Ilmu Fisika

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Palung Mariana: Fakta, Letak dan Kedalaman
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

 

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET