Tujuan Pemberian Nama Ilmiah atau Binomial Nomenclature Pada Makhluk Hidup

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:
Tujuan Pemberian Nama Ilmiah atau Binomial Nomenclature Pada Makhluk Hidup
disimak baik-baik ya…

 

Biominal Nomeklatur adalah aturan penamaan baku bagi semua organisme (makhluk hidup) yang terdiri dari dua kata (binomial berarti ‘dua nama’) dari sistem taksonomi (biologi), dengan mengambil nama genus/marga dan nama spesies.

Berdasarkan kesepakatan internasional digunakanlah metode binomial nomenclature untuk memberi nama setiap makhluk hidup. Dengan metode tersebut suatu jenis makhluk hidup merniliki nama yang tidak digunakan oleh jenis makhluk hidup lain.

Pemberian nama ilmiah berfungsi, antara lain untuk memudahkan dalam mengenal ciri-ciri suatu kelompok makhluk hidup, untuk membedakan satu kelompok makhluk hidup dengan kelompok makhluk hidup lainnya, serta untuk menunjukkan tingkatan taksonnya. Banyak makhluk hidup yang memiliki nama lokal.

BACA:  Karakteristik Matahari dan Urutan Lapisannnya

Setiap daerah, bahkan setiap negara, merniliki nama lokal yang berbeda untuk spesies atau jenis makhluk hidup yang sama. Namun, dapat juga sebaliknya, yaitu nama lokal yang sama untuk jenis makhluk hidup yang berbeda. Misalnya, dalam bahasa Jawa gedang berarti pisang, sedangkan dalam bahasa Sunda berarti pepaya. Oleh karena itu, dibuatlah nama ilmiah pisang yaitu Musa paradisiaca yang bersifat general untuk orang seluruh dunia.

Agar biologiwan di seluruh dunia dapat berkomunikasi dengan mudah, setiap makhluk hidup harus merniliki nama yang unik yang dikenal di seluruh dunia. Oleh karena itu, berdasarkan kesepakatan internasional digunakanlah metode binomial nomenclature untuk memberi nama setiap makhluk hidup. Dengan metode tersebut suatu jenis makhluk hidup merniliki nama yang tidak digunakan oleh jenis makhluk hidup lain.

 
BACA:  Mengetahui Perkembangan Vegetatif Tumbuhan Secara Alami

Kesimpulan
Tujuan Pemberian Nama Ilmiah atau Binomial Nomenclature Pada Makhluk Hidup adalah:
1. Untuk memudahkan dalam determinasi yakni menentukan dan memastikan jenis makhluk hidup.
2. Untuk memudahkan pengenalan, sehingga memudahkan manusia untuk mengelompokkan dan mempelajarinya. Agar tidak terjadi salah tafsir, karena nama ilmiah menggunakan bahasa latin yang tidak dimiliki oleh negara manapun.

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal:
Tujuan Pemberian Nama Ilmiah atau Binomial Nomenclature Pada Makhluk Hidup
Semangat Belajar, Good Luck. ^-^

BACA JUGA:

© 2022 GURULESPRIVAT.NET