Faktor Penyebab Lenyapnya Peradaban Lembah Sungai Indus

Pada kesempatan kali ini, kita akan membahas jawaban dari soal berikut:

Jelaskan Faktor Penyebab Lenyapnya Peradaban Lembah Sungai Indus

 

disimak baik-baik ya…

Peradaban Lembah Sungai Indus merupakan sebuah peradaban kuno yang hidup sepanjang Sungai Indus yang sekarang merupakan wilayah Pakistan dan India barat.

Peradaban ini diperkirakan ada sekitar tahun 1800-2800 SM. Peradaban ini juga dikenal peradaban yang berpusat di kota Mohenjo Daro dan Harrapa.

Para arkeolog mengungkapkan peradaban Lembah Indus merupakan peradaban kuno paling luas yang ditemukan setelah situs peradaban Mesopotamia dan Mesir. Pada tahun 1980 peradaban Lembah Indus ditetapkan sebagai situs warisan dunia oleh UNESCO.

Berdasarkan dari peninggalan yang ditemukan, mereka merupakan salah satu peradaban yang sudah maju dengan adanya bukti timbangan dan ukuran yang sudah memiliki standar, ukiran cap, stempel perangko, tembikar dan telah mengenal teknik peleburan logam seperti tembaga, perunggu, dan timah.

 
BACA:  Buku IPA Kelas 9 SMP Hal. 54 Tabel 2.1: Cara Perkembangbiakan Vegetatif Tumbuhan

Mohenjo Daro dan Harappa merupakan kota yang sangat berkembang, banyak rumah yang memiliki sumur dan kamar mandi serta sistem saluran air bawah tanah yang kompleks.

Uniknya di kota tersebut tidak ditemukan bangunan untuk kegiatan religius dan tanda-tanda sistem kasta seperti kuil-kuil dan monumen besar yang megah.

Hal ini mengakibatkan para peneliti berspekulasi kalau masyarakat Mohenjo Daro dan Harappa merupakan peradaban yang hidup bergantung sepenuhnya pada ilmu pengetahuan dan sudah meninggalkan praktik keagamaan, memiliki filosofi hidup yang tinggi terlihat dari ketiadaan sistem kasta dalam hierarki sosial.

Manusia pendukung peradaban Lembah Sungai Indus adalah bangsa Dravida, golongan ras australoid dengan ciri-ciri kulit hitam, berambut ikal, dan berbadan tegap. Bangsa inilah yang mengawali peradaban di Sungai Indus dan kemudian menjadi perintis pembangunan kota Mohenjo-Daro dan Harappa.

 
BACA:  Mengenal Perbedaan Larutan Elektrolit dan Non Elektrolit

Menurut para ahli, peradaban Lembah Sungai Indus telah mencapai tingkat yang tinggi. Namun, dalam perkembangannya, keberadaan bangsa Dravida di lembah Sungai Indus tergusur oleh invasi yang dilakukan oleh bangsa Arya.

Keruntuhan peradaban ini disebabkan Sungai Saraswati Veda yang mengalami kekeringan pada sekitar akhir 1900 SM akibat tingkat radiasi matahari yang cukup tinggi sehingga memengaruhi curah hujan di sekitar lembah, mengakibatkan musim kemarau menjadi lebih kering yang berdampak negatif terhadap pertanian.

Hal inilah yang membuat masyarakat peradaban tersebut pindah ke desa-desa kecil di kaki bukit Himalaya.

Selain itu pada saat yang sama datang peradaban Indo-Arya dengan membawa peralatan yang lebih canggih. Bangsa Indo-Arya ini diduga menyerang masyarakat Lembah Sungai Indus karena di sekitar bekas kota ditemukan sisa kerangka yang seolah-olah menunjukkan bukti kuat adanya penyerbuan.

BACA:  Pengertian Kloroplas Meliputi Struktur dan Fungsinya

Nah, demikian pembahasan kita tentang jawaban dari soal
Jelaskan Faktor Penyebab Lenyapnya Peradaban Lembah Sungai Indus

Jika masih ada yang belum jelas atau ada yang ingin di tanyakan kembali, silahkan comment di kolom komentar ya…

Semangat Belajar, Good Luck.

Referensi : Wikipedia.org ; Kompas.com

BACA JUGA:

© 2024 GURULESPRIVAT.NET